Halaman Diskusi

Halaman ini diperuntukkan bagi visitor yang ingin diskusi, Silakan ajukan Topik Diskusi dan nantikan pengunjung lain atau Admin untuk menanggapinya…..!

79 Tanggapan

  1. Sy hanya dpt berkomentar ” ALHAMDULILLAH ” msh pny keturunan Sultan Bacan… Nama saya Riansya saputra Kamrullah Al’Habsy & kakek Saya Alm. HOOD KAMARULLAH .. Salam satu tanah air.

  2. Ada yang tahu nggak Asal usul dari gunung borero dan sibela bacan ?6

  3. Sama halnya guru dan murid, hanya murid tertentu yg d pilih untuk d berikan semua ilmu dari gurunya…!! itu kata pepatah orang ternate doloe-doloe..

  4. saya masih kerabat dekat kesultanan ternate,kapita lao kesultanan bacan menurut sebagian sumber tetua dano2 nonau bacan yang saya dengar adalah keturunan dari kaicil tunggulawang turun temurun sampai kapita lao hadji muhammad arief,hulubalang pada zaman sultan usman sjah dimana kapita lao arif terkenal karna peristiwa hall bery dan penumpasan bajak laut tobelo kala itu, hingga kini keturunannya dibacan mereka memakai marga arief , dan dlm versi lain kaitjil Arief adlh zuriyat dari sultan tarafanoer, namun skrg keturunannya tidak ada lagi yg duduk dalam struktur dikerajaan batjan,demikian

  5. Assalammualaikum Tabe se salam ngone moi-moi…

    Ada tambahan dari saya mengenai pendapat dari.
    Ramly Kader, on 12 Maret 2014 at 10:21 pm said:

    saya sangat sepakat dengan pendapat *Ramly Kader* mengenai Sejarah kesultanan Maluku Utara adalah MOLOKU KIE RAHA TOMA FATO FATO, empat kerajaan berjejer, atau empat pulau kerajaan berjejer.

    sepengetahuan saya mengenai Empat Kerajaan berjejer awal mulannya memang dari kerajaan : (Ternate, tidore, Moti & Makian) ini-lah Empat kerajaan sesungguhnya yang memiliki Struktur penyusunan yang rapi pada awalnya terbentuk menjadi MOLOKU KIE RAHA TOMA FATO-FATO. kerejaan bacan adalah kerajaan dari makian yg pindah ke bacan di sebabkan karna, pada saat itu ada peperangan atau lebih di kenal dengan Perebutan kekuasaan atau kedudukan yang berpusat di Ternate sehingga muncul-lah perang SODARA.
    Hingga pada ahirnya Kerajaan Bacan pindah ke Bacan bukan karena gunung KIE BESI makian meletus, Begitu juga sebaliknya kerajaan jailolo yang pada saat itu berpusat di Moti. Bukan karena ngambek atau salah paham dngan sultan ternate.

    Sekilas pengetahuan singkat dari saya lebih dan kurang saya mohon maaf kepada sodara sperjuangan dan setanah air.

    ”Manusia pada dasarnya adalah Al-insan,An-nas,Al-bazyar, Dan Bani Adam”

    (Salam torang samua)

  6. Tolong berikan satu nama kapita ternate….apa to gumilamo juga kapita ternate ….

  7. Tolong dong jelasin Marga Tarafanur di daerah kesultanan Bacan

  8. Kakek saya bilang kapita yg paling kuat itu to gumilamo kapita dari ibu halmahera barat

  9. Tolong ceritakan kisah kapita ibu to gumilamo…. dengan anak sultan bacan

  10. Assalamualaikum langsung saja saya mau bertanya apakah marga Asnath ada hubungan dengan Sangaji? bagi yang berkenan membari infonya ini no saya 081320902392 kurang lebihnya mohon maaf assalamualaikum wr.wb

  11. Ramli… kalo kamu tahu, silahkan ceriterakan di bawah ini agar kita semua juga tahu… saya memang belum tahu sejarahnya.

  12. Referensi saya tentang sejarah Bacan kurang nih…, kalo ente ada, silahkan sharing dengan kita2, yaa…. Salam damai selalu.

  13. Sejarah Bacan kurang jelas..

  14. Tolong ceritakan juga siapa atau orng mana yang membunuh kapita TAKOME atas perintah kesultanan ternate, kalau sejarah ini berarti tau semua sejarah maluku utara

  15. Tolong cari tahu turunan kapita MANILA yg d kirim oleh kesultanan ternate ke kerajaan Makian

  16. Sebenarnya sejarah kesultanan Maluku Utara adalah MOLOKU KIERAHA TOMA FATO FATO…empat kerajaan berjejer, atau empat pulau kerajaan berjejer…jadi kalau Ternate, tidore, bacan dan jailolo tdk masuk akal krna tdk berjejer…yg berjejer adalah Ternate, tidore, Moti dan Makian.. Ini lah empat kerajaan sesungguhnya….kerejaan bacan adalah kerajaan dari makian yg pindah ke bacan karna gunung KIE BESI makian meletus, dan kerajaan jailolo adalah kerajaan Moti yg pindah k jailolo krna ngambek atau salah paham dngan sultan ternate…tolong ceritan sejarah sesungguhnya

  17. boleh tahu, siapa yang asli / yang lebih dahulu berada di tanah bacan…… orang amasing atau orang labuha…..
    mohon agar supaya sejarah bacan ditulis lebih lengkap….

  18. Untuk : Mansur Iskandar Alam, Fadly Tarafanur, Meener Lee, dan admin
    Terima kasih atas infonya, ini sangat membantu… dan juga mba Hanin (puri) sampai akhirnya mengenal dan bertemu serta berkumpul dengan keluarga besar pangeran diponegoro…

  19. Untuk Gahral Kamarullah :
    Terima kasih atas infonya.. Ada alamat emailnya tidak yah…?
    Kakek saya namanya Indra Cahya Kamarullah (saya tidak tahu silsilah ke atasnya) dan eyang putri saya RA. Djahro {putri dari RM. Daud Diponegoro, (cucu pangeran diponegoro, ini saya sdh punya silsilahnya dan bertemu dgn keluarga besar diponegoro) dengan Boki Fatimah Elyas, keturunan sultan jailolo menurut info}

  20. maaf..
    saya hanya ingin mencari tahu tentang silsilah kluarga saya…
    nama blakang saya iskandar alam..
    saya anak pertama dari alm.achmad syafi’i iskandar alam.. cucu dr ubaid arifin iskandar alam.. saya tinggal di jawa timur..
    saya sangat awam.. sampai saya menemukan begitu banyak org dg nama blakang yg sama..
    papa saya meninggal sebelum bercerita banyak ttg iskandar alam..
    begitu juga pamam saya. alm.m.saleh iskandar alam..
    beliau hny pernah bercerita jika iskandar alam berasal dr bacan…

    saya hanya ingin tahu silsilah iskandar alam..
    selain itu pernah, ada org yg hormat2 ke saya bahkan hingga menundukan badannya saat bertemu dg saya , begitu dia tahu saya ber fam iskandar alam…

    karna jujur saja tidak banyak yg tahu perihal iskandar alam di jawa kecuali mereka yg berasal dr ternate atau bacan…

    terima kasih banyak

  21. Ya, semestinya begitu

  22. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya sangat tertarik dan senang mengenai sejarah kesultanan Jailolo,menurut pribadi saya jika tiba saatnya nanti Sultan Jailolo yang sebenarnya akan muncul bukan dengan menawarkan diri, tetapi amanat yang mengharuskan dia untuk memimpin Kesultanan Jailolo…saya juga punya pertanyaan ,apakah benar marga Kaucil ada hubungannya dengan Kapita Banau?karena saya dengar cerita bahwa isteri dari Muhammad Saleh Kaucil adalah adik dari Kapita Banau

  23. Buat Admin, ulasan sejarah akan lengkap jika mengkaji alur sejarah Islam masuk di Ternate dan sejarah kesultanan, ada kaitan erar Sipa Sultan Iskandar Alam, siapa syekh Yusuf sama-sama menentang belanda sama-sama pula dibuang ke Ceylon (Weilong) Tulang ikan gorango “Bahasa Patani”

  24. Menurut cerita ayah saya keturunan bermarga iskandar alam, kalau saya mau tau silsila keturunan bermarga iskandar alam saya bisa menhubungi siapa ya? Thank’s

  25. Menurut cerita ibu sy (alm) kesultanan di maluku terdiri dari 4 kerajaan dan semuanya adalah basudara yaitu Kesultanan Bacan,Ternate, Tidore dan Jailolo. Nenek sy (alm) adalah keturunan dari Kesulatanan Bacan namun di dalam silsilah kesultanan Bacan namanya tidak ada/tercantum (mungkin yang diambil dari garis keturunan laki2nya saja). Sy ungkapkan disini karena rasa ingin tahu saja selain karena banyak keluarga dari ibu bernama Iskandar Alam dan Kamarullah, adapun nama beliau Nenek (alm) Dede Boki Khadidjah.

  26. Silahkan saja… Trims atas kunjungannya.

  27. ass pak Busranto. pak, saya mau minta ijin untuk menggunakan data cerita dan foto bapak untuk sy kaji lebih dalam. saya akan melampirkan nama Anda dan informasi yang terkait dalam daftar pustaka. sebab itu adalah bagian yang wajib dalam penulisan ilmiah. terimakasih pak. wass.

  28. Ak pngen cri tw sjarah bcan yg pertma thu gmana.

  29. Pagi Sahabat-sahabat, tolong kirimkan saya sejarah kota ternate dan kesultanannya. Trims

  30. Ternyata,gue adalah keturunan bangsawan Bacan. Saya punya 2 darah bangsawan, 1 dari kerajaan banjar, 1 dri kerajaan Bacan.

  31. Salam mas Anto…
    Boleh minta tolong atau masukan, kita pengen cari studi literature tentang asimilasi budaya di ternate…
    Budaya apa saja ƔάϞƍ berasimilasi dan di bagian mana asimilasinya…
    Makasih banyak😀

  32. Nama saya Dind Iskandar Alam. Umur 58 tahun. Tinggal di Masohi Maluku Tengah. Menurut cerita kakek saya almarhum Mahmud Iskandar Alam, beliau mempunyai 2 orang saudara kandung bernama Hatim Iskandar Alam dan Abdullah Iskandar Alam. (keduanya sdh almarhum). Sejak sebelum Indnesia merdeka kakek Abdullah merantau ke kecamatan Kao tepatnya desa AkeLamo. Sampai saat ini saya blm pernah tau berapa anak dan cucu beliau, mungkin sdh menjadi keluarga besar. Harapan saya, bagi keluarga kakek almarhum Abdullah Iskandar Alam dimana saja berada, sempat membaca tulisan ini mohon hubungi saya via tlp/SMS : 081247212508.

  33. saya adalah seorang salah satu keluarga dari kesultanan bacan ,, menurut info

  34. saya eli,saya mempunyai paman,adek mama saya yang bungsu,nama panggilan kampungnya lawing,dulu dia pergi merantau ke malaisya,sudah puluhan tahun tidak pulang…kami sekeluarga sangat mengharapkan bantuanya…ini no hp sya 082149783065

  35. Assalamu’alaikum pak admin koq pertanyaan ana lum dijawab2 T_T

  36. Kalau mau cari tau Sejarah Bacan dan SILSILAH KETURUNAN yang lengkap dan JELAS bukan direkayasa adalah di Kami, an. SALIM M. A. KAMARULLAH (Keturunan Kapita Laut Kesultanan Bacan) ABDURAHIM KARIM TARAFANUR (Keturunan Jogugu Kesultanan Bacan), & Saudara DJUFRI BINSAN d/a Jln. Molunjunga No.803 Amasing Kota Labuha Bacan 97791. Kalau tidak mengerti lebih baik bertanya… daripada berbicara sembarangan, Bisa Gila…ok ???

  37. Tolong dong arti lagu borero, trus nilai2 budaya dr lgu ne ap aja,,,,,

  38. Assalammualaikum,, wr.wb

    Saya mau tanya apa nama Kamarullah itu cuma berasal dari Bacan saja ???
    soalnya saya belum mengetahuinya,, karena kebetulan nama saya Muchlis Kamarullah,, dan saya bukan asli Bacan,, tp apa mungkin saya ada keturunan dari keluarga sultan ??? mohon petunjuk,,,

  39. Minta tolong, saya dari Jawa, sekarng sedang menulis cerita dengan setting kesultanan Ternate zaman Sultan Baabullah. Bisakah admin memberi saya nama2 anak perempuan yang biasa dipakai di Ternate pada zaman tersebut? Terimakasih sebelumnya.

  40. “Saya tinggal di Jakarta, dan ayah saya sudah lama menghilang.. nama ayah saya Abdul Rahman Bermawi. yang juga kakak dari sultan Ternate sekarang..
    Saya ingin bertanya, apakah saya masih ada hub dengan keluarga kesultanan? kalau iya, mengapa keluarga kami terlantar seperti tdk punya saudara?
    Apakah anda bisa membantu saya agar saya dapat mencari tau keluarga saya…. sebelum nya terimakasih.
    atau bisa hub saya:08998005461. ivan”

    Sebenarnya banyak keluarga bermarga Barmawi yg berdomisili di Jakarta, khususnya di wilayah Tanjung Priok

  41. Tolong info dong hasil pilkada Halmaerah selatan

  42. Ada yang tahu hasil pemilihan umum di wilayah daerah Halmaerah selatan…tolong posting ke aku. Trims…

  43. Saya tinggal di Jakarta, dan ayah saya sudah lama menghilang.. nama ayah saya Abdul Rahman Bermawi. yang juga kakak dari sultan Ternate sekarang..
    saya ingin bertanya, apakah saya masih ada hub dengan keluarga kesultanan? kalau iya, mengapa keluarga kami terlantar seperti tdk punya saudara?
    apakah anda bisa membantu saya agar saya dapat mencari tau keluarga saya…. sebelum nya terimakasih.
    atau bisa hub saya:08998005461. ivan

  44. Salam kenal buat semuanya.yg pingin tahu banyak mengenai sejarah Kesultanan Bacan,silahkan hub saya.bisa lewat Facebook atau tlp 085244240378

  45. As’alamu alaikum….

    suatu obrolan yang sangat menarik bila berbicara tentang budaya, tapi apakah kita pernah menerapkan dan memperjuangkannya…?
    menurut saya itu hannya sebuah kiasan yang manis untuk di dengar tetapi kenyataanya telah melenceng jauh dari budaya yang sesungguhnya.
    kita sering membangga-banggakan budaya kebarat-baratan, tanpa di sadari dengan perlahan-lahan kita telah melenyapkan budaya negeri sendiri. apakah pantas kita di sebut putra daerah…? sedangkan kita tak pernah menunjukan ciri khas kedaerahan itu sendiri.
    memamang benar dunia semakin berkembang, tapi setidaknya kita harus mampu mengimbangi perkembangan jaman dengan memprioritaskan budaya daerah…
    seandainya semua elemen masyarakat menanggapi hal ini, saya rasa bukan tidak mungkin daerah yang kita cintai ini menjadi soratan dan suriteladan bagi semua daerah.

  46. Hai,,
    Nama sy Milza, sy tgl d Jakarta… Mnrt crta mama sy, oma sy org asli Bacan… Oma sy sdh mninggal lama… Mama sy tdk pny crita yg lbh ttg kel oma sy… Mnrt mama, beliau pernah brtmu dgn omany (mama dr oma sy). Namun itu sdh lama, qra2 usia mama 14th… Mnrt mama, omanya menetap di pulau Bacan…
    Sy ingin sex mengetahui sejarah keluarga oma sy… Oma sy namany Ellisabeth Haba… Bisakah melalui situs ini, sy mengetahui bbrp hal..?? Jk ad yg bs membantu, sy sgt brterima kasih…
    Bs menghub. sy d email sy di : milza_ch@yahoo.com

    thx,,
    slam…

  47. Asslm… Saya mw Tanya tentg slsilah keluarga saya yg trsebar di Ternate, Tidore dan Makian… Kalw g salh buyut2 saya namanya Abubakar Sangadji, Marsaoly,dan Santoro… Ad yg tahu slsilahny g.?? klw ada, please yh, soalny saya butuuuhh banget.. mKasih….

  48. Nama saya Carles sekrang tinggal di Tangerang ……saya ingin sekali dengar lagu-lagu daerah Ternate dimana saya bisa mendapatkannya … ato ada info lewat internet kirimin ke saya
    sebelumnyasaya ucapkan terima kasih
    GBU..

  49. Permisi sy numpang tnya tp sblm’y sy prknalkan nama sy Julianzah..sy ingin cri tau ttg silsilah kturunan pangeran diponegoro sampai skrg…soal’y mnurut crita dari ayah sy kakek sy slah satu keturunan ke 13 dari pangeran diponegoro.. Sy mngharapkan bntuan’y..trima kasih sblm’y…

  50. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya sekarang di Malaysia menurut cerita mamaku alm kakek saya magranya Iskandar Alam dari kesultanan Bayan/Bacan. saya ingin sekali cari tahu silsilah sultan Bacan (Iskandar Alam) dimana saya bisa mendapatkan buku/ artikel apapun yang menyangkut sultan iskandar alam biar saya bisa pedomani buku atau artikel tersbut. thanks sebelumnya. salam kenal.

    Ass.wr.wb
    yapoel…klo mau kita bisa ngobrol di email aku fadlysoleman@yahoo.com

  51. Assalamualaikum Wr. Wb.
    saya sekarang di malaisya menurut cerita mamaku alm kakek saya magranya iskandar alam dari kesultanan bayan/bacan. saya ingin sekali cari tahu silsilah sultan bacan (iskandar alam) dimana saya bisa mendapatkan buku/ artikel apapun yang menyangkut sultan iskandar alam biar saya bisa pedomani buku atau artikel tersbut. thanks sebelumnya. salam kenal

  52. Kalo begitu, silakan masuk ke blogspot saya klik link saya ke ibu Salidja Hamisi yang di Belanda, please sharing dengan dia…..!

  53. Kawan, mengenai keluarga Ali Hamisi di Salero Pantai sepertinya saya kenal. Bapak Ali ini kalau tidak salah mantan tentara KNIL dan istriya orang Jawa. orang memanggil istrinya dengan panggilan Zus, sementara suaminya disapa dengan Om Ali. salah satu putrinya, Ibu Nunung, kini bersuamikan orang Ibu dari Gamkonora. bukankah ini juga kampung asalnya Bapak Ali Hamisi? kalau salah, mohon maaf.

  54. Yaaa.. gitchu deh…..! Memang seharusnya begitu, kalau bukan kita2, ya siapa lagi…?!

  55. Bagi yang merasa diri berasal dari marga “HAMISI” asal Ternate silakan kontak dengan WURI dengan alamat email : uni_jegeg@yahoo.com
    Ibu Salidja Hamisi yang bermukim di Belanda mungkin tante anda, silakan kontak ke emailnya : salidja@gmail.com atau kunjungi blog-nya yang berbahasa Belanda di : http://www.salidja.blogspot.com

  56. Ik heb uw blog. Zeer interessante reis van uw leven, verlof wegens Ternate aangenomen. Nu ben je in Nederland wonen maar nog herinneren Ternate stad.
    Gefeliciteerd als je eenmaal bijeen in Ternate met grote gezinnen, vooral de “moeder”. Groeten van me aan u en uw familie in ZH Vlaar Nederlands.

    Saya telah membaca blog Anda. Sangat menarik perjalanan hidup anda, meninggalkan Ternate karena diadopsi. Sekarang anda tinggal di Belanda namun masih ingat kota Ternate. Selamat setelah Anda bertemu di Ternate dengan keluarga besar, terutama “Ibu”. Katanya ada papan nama jalan Ternate “Ternatestraat” di Belanda, boleh ibu Halidja berfoto dan kirim ke saya untuk dipublikasikan di blog ini…?!. Sekian, salam dari saya untuk Anda dan keluarga di ZH Vlaar Belanda.

    Semoga kehadiran blog saya ini ajang pertemuan dan bermanfaat bagi orang-orang Ternate yang tersebar di muka bumi ini yang sedang mencari sisilah keturunan dan sanak famili yang sudah sekian lama tidak bertemu kehilangan jejaknya….

  57. Kepada Wuri, ass.wr.wb.
    Saya Salidja Hamisi, bertempat tinggal di Negeri Belanda. Sejak tahun 2008 bulan agustus itu saya baru menemukan saudara kandung saya termasuk ibunda kandung saya dari Ternate.
    Saya sendiri seorang wanita sudah berusia 52 tahun…dapatkah Wuri bayangkan betapa bersukur dan bahagianya saya menemukan ibu dan saudara kandung yg belum pernah bertemu itu?
    Dan alhamdulillah saya juga sudah sampai melangkah ke Ternate yaitu akhir tahun 2008 itu…bersama suami …saya sangat bersyukur… Kami bersaudara 10 orang…(9 perempaun dan satu laki2)..kakak saya Mbak Siti Sundari tinggal dengan keluarganya di Purwokerto…sedangkan adik saya dik Sumiaty..tinggal bersama kel.nya di Surabaya..sekian dulu Wuri..silahkan bales yah..wassalam..

  58. Perkenalkan, nama saya WURI, asal Madiun, Jawa Timur. Kakak ipar saya, namanya Fadila Hamisi. Tapi dia sudah lama tinggal di Jawa. Boleh donk saya tahu segala sesuatu tentang marga Hamisi dan yang mempunyai marga Hamisi, tolong donk kirim kabar ke email saya. Soalnya, saya berminat sekali pergi ke Ternate

  59. Ass… Saya seorang mahasiswa dari Ternate yang sedang studi di Gorontalo, jurusan sejarah. saya hanya ingin bertanya bagaimana sejarah Hogo Jako dan bagaimana pelaksanaannya.

  60. Salam untuk pembiana blog ini ……
    Salut untuk anda….atas kepedulian yang begitu kuat dan dengan konsep yang brilian telah menghadirkan blog ini untuk para pencinta kebudayaan di seantero dunia terutama budaya Kie Raha, saya kebutulan” Gam mangofa” yang berada di seberang sedikit terobati kerinduan pada kampung halaman ketika mebuka blog ini.

  61. To : Joel Abdulrahim
    Saya usahakan untuk menelusuri jejak nenek moyang anda yang bernama : Taliki, Marawatha, Bhastiong, dan Kapita Galela. Agak sulit memang….. Perlu saya tegaskan disini bahwa saya bukan seorang pekerja peneliti. Terciptanya blog ini adalah sekedar menyalurkan rasa kepedulian saya terhadap tradisi dan budaya di Maluku Utara. Saya berprinsip kalau bukan kita2ini, ya siapa lagi yang berpikir dan memulai hal ini, Pemda di sana sudah maksimal mengakomodir aspek ini tapi hasilnya bisa anda lihat sendiri di website2 masing2 Pemda yang ada di lingk provinsi Malut. Cuma gitu-gitu aja… promosi pariwisata dan budaya kayaknya kurang gregetnya, menurut saya kurang gencar….. Lagipula websitenya tidak pernah di-upload lagi, apalagi Dinas pariwisata Daerah di sana belum punya website sama sekali…. Saya sangat prihatin dengan masalah ini. Dengan terciptanya blog ini, saya tidak berharap yang muluk2, dalam pikiran saya adalah : Mengangkat “kearifan lokal” masa lampau yang pernah ada di negeri sana untuk dipetik manfaatnya oleh generasi sekarang & yang jelek2 ditinggalkan, itu saja…..
    Kebetulan studi S-1 saya adalah Kajian Ilmu Sejarah, jadi walaupun sekarang tidak bekerja di bidang itu melainkan di bidang hukum namun sisa2 disiplin ilmu waktu itu masih bisa dimanfaatkan untuk orang lain sepeti bahasan yang anda lihat di dalam blog ini….
    Terakhir, kalo anda punya tulisan sehubungan dengan visi dan misi saya melalui blog ini untuk dipublikasikan silakan tulis dan balas melalui email ini, biar saya posting ke blog atas nama anda…. Terimakasih……

  62. To : All Visitor
    Semoga kehadiran Blog ini bermanfaat untuk mempertemukan mereka seperti kawan kita YUSEA ini…. Insyah Allah dapat terwujud…

  63. To : Taufik
    Pengaruh adat terhadap sebuah proses perkawinan di Ternate memang tidak boleh dipisahkan, namun perlu dicatat bahwa mengharuskan sebuah perkawinan manurut adat di Tenate saat ini bukan lagi suatu keharusan, jadi bagi siapa saja yang hendak melaksanakan perkawinan di Ternate saat ini, bisa saja menggunakan prosesi secara adat dan bisa saja tidak menggunakannya, tergantung yang punya gawe. Dan tidak ada sanksi bagi yang tidak menggunakannya. Sekarang jaman sudah moderen bung…! Tergatung siapa orangnya?, dimana tempatnya? dan lebih utama adalah lingkungan sosialnya. Oke, barangkali itu sudah cukup untuk menjawab pertanyan anda.. Thanks sebelumnya atas kunjungan dan komentar anda di blog saya ini……!

  64. To : Zoel
    Untuk bahasan mengenai musik tradisional GALA, sementara saya selesaikan artikelnya, mohon bersabar untuk saya posting ke blog ini ya…..!

  65. Assalamu alaikum wr.wb,
    Saya salah satu orang Ternate yang sedang melanjutkan studi di Jawa,dan dimana saya membutuhkan informasi tentang latar belakang Musik Gala, asal usul dan yang berhubungan dengan musik itu sendiri secara detail, kebetulan judul yang saya ajukan tentang Musik Gala, Setelah saya telusuri di dunia maya ini, hampir keseluruhan yang saya dapat, belum lengkap. Oleh sebab itu saya mau minta tolong atas infonya. Trima kasih…
    Wassalamualaikum wr.wb

  66. Salam kenal untuk semuanya, maaf sebelumnya sekedar share dan ada sedikit pertanyaan tentang adat Aernate, saya punya kenalan wanita ibunya dari Ternate, kebiasaan orang ternate seperti apa ya…?!
    trus ada tidak pengaruh adat terhadap sebuah proses kearah pernikahan…?!

  67. Buat Yusea,
    Salam kenal dari saya, kebutulan saya dari marga Iskandar Alam yang salah satu marga dalam kesultanan Bacan, dalam kesultanan Bacan dikenal dengan istilah “EMPAT PEHAK“, mereka ini merupakan marga/kerabat dekat kesultanan Bacan, yaitu :
    1. Marga ISKANDAR ALAM,
    2. Marga TARFANNUR,
    3. Marga KAMARULLLAH, dan
    4. Marga TUMBULAWANG.

  68. Sangat bagus site ini…. saya ingin tahu banyak tentang daerah Ternate

    Kepada yang pernah mengenal orangtua saya yang tinggalnya di Ternate Utara, daerah Salero Pantai, bapak ALI HAMISI dan nama ibu saya ibu NGAINA, anak2 mereka ada 10 orang, termasuk saya.
    Tolong reaksi ke email saya. Sebabnya saya sudah berusia 52 tahun dan belum pernah bertemu dengan saudara kandung saya…. apalagi dengan ibu saya….. sayangnya bapak sudah berpulang.
    Terima kasih atas batuan anda semua.

  69. Assalamualaikum, wr, wb…..!
    Saya gadis yang sedang menjalin hubungan cukup serius dengan seorang pria Ternate asli. Katakanlah saya besar di lingkungan suku sunda [ayah Aceh, ibu Cina]. Saya takut melangkah lebih jauh dari hubungan kami saat ini karena keterbatasan saya soal tradisi, budaya dan watak orang Ternate. Betul memang saya sedang mempelajari bahasa dan kehidupan sosialnya, sejauh yang saya jalani memang pribadi seorang pria Ternate mengesakan. Akan tetapi semua itu belum dapat menutupi rasa khawatir saya. Mungkinkah saya akan bisa menerima perbedaan yang nantinya akan menjadi shock kultur bagi saya…?! Sekarang saja banyak hal yang bikin saya terheran-heran mengenai Ternate. Terima kasih banyak untuk bantuannya….
    Wassalam, wr, wb….!

  70. Assalamualaikum, wr, wb ….!
    Saya sangat terkesan dengan pemaparan sejarah tentang Ternate dan daerah-daerah lain yang ada, saya adalah keturunan orang Halmahera, ayah saya orang Bobaneigo sedang ibu saya adalah wanita padang, saya ingin tau tentang nenek moyang saya, yang saya dengar dari almarhum mendiang kakek saya, nenek moyang kami sangat setia kepada sultan Ternate sehingga dijadikan pasukan perang oleh kesultanan Ternate, mereka pernah berperang sampai ke Manggarai dan Bima, nama nenek moyang saya adalah, TALIKI, MARAWATHA, BHASTIONG, dan KAPITA GALELA. Saya sangat berharap jika ada informasi tentang sejarah kehidupan mereka tolong diulas pada rubrik ini…saya akan terus mengunjungi situs ini, Terimakasih….
    Wasalam, wr, wb….!

  71. Dear : Yusea Kamarullah
    Kalo anda mengaku keturunan Pangeran Diponegoro, memang benar adanya ada anak laki2 pangeran Diponegoro yang dibuang ke Maluku Utara….
    Kalo saya dari garis anak perempuan yg bernama = Raden Ayu Hangreni..
    Please contact me pwh_djaja@yahoo.co.id

  72. Emang kuntum asli orang Ternate atau mana…..?!

  73. Aku juga udah lama ga pulang ke Ternate jadi ga tau Universitas yang bgs disana tapi yg jelas Universitas negeri disana cuman Universitas Khairun.

  74. Assalamualaikum, wr, wb …!
    wah saya jadi ingin pergi Ternate, sampai saat ini saya sudah duduk dibangku kuliah tapi saya belum pernah sekalipun ke rumah bapak saya yang ada di Ternate. apalagi nenek dan kakek disana sudah lama meninggal, dengan adanya situs ini saya jadi labih tau lagi Ternate seperti apa soalnya yang saya tau hanya cerita dari bapak saya….. makasihnya ^_^… dan tetap semangat….!!!
    oh ya aku mau tau tanya soal universitas mana di Ternate yang bagus…? insyaallah adeku mau kuliah disana.
    Wassalam, wr, wb….!

  75. Kalo membaca info yang diberikan Admin, aku juga ingin untuk berkorespondens karena untuk catatan yang berhubungan dengan kesultanan Jailolo sangat susah ditemukan oleh karena itu boleh dong dibagi Silsilah Raja-raja Jailolo, nanti aku juga kirim silsilah Sultan Bacan.

  76. Menanggapi pernyataan Yusea memang benar bahwa Sultan Kamarullah merupakan Sultan Bacan yang ke 21, beliau memiliki nama lengakap “Sultan Gahral Adian Kamarullah” yang memerintah sejak 1797-1826, akan tetapi mengenai salah satu putera kesultanan Bacan yang menikah dengan salah satu cucu keturunan Pangeran Diponegoro aku belum pernah memiliki bukti otentik, yang aku tahu bahwa Sultan Iskandar Alam sebelum diasingkan ke Ceylon (Srilanka) menikah dengan Raden Ayu Kurba yang merupakan putri dari Sunan Kuning (Cucu dari Raja Amangkurat III) dari Mataram/Jogjakarta .

  77. Sultan Kamarullah merupakan Sultan Bacan ke 21 (1797-1826) beliau bernama lengkap Gahral Adian Kamarullah, kalau mengenai silsilah Yusea yang katanya cucu Pangeran Diponegoro yang menikah dengan salah satu anak Sultan Bacan aku belum pernah mendapatkan info jadi bolehlah kalo kita saling tukar-tukaran infonya.
    Mengenai catatan Saudara Admin tuh boleh juga minta silsilah Kesultanan Jailolo karna kesultanan tersebut hilang pada pada abad ke 14 jadi sangat sulit untuk mencari data yang komplit.

  78. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya…….! Memang betul Yusea, nama belakang anda (marga) Kamarullah itu adalah keturunan bangsawan di kesultanan Bacan di Maluku Utara, mengenai sisilah keturunan Raja-Raja Bacan saya belum hunting data tentang itu, untuk saat ini, satu-satunya buku tentang raja-raja Bacan hanya dari Prof. Leirissa, ahli sejarah dari Universitas Indonesia, sementara saya lagi hunting tentang sisilah Raja-Raja Kesultanan Jailolo.

  79. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Ayahku (alm) adalah salah satu keluarga kesultanan Bacan (menurut infonya). Saya ingin tahu tentang silsilah keturunan Kesultanan Bacan. Dalam sisilsilah eyang putriku bahwa, eyang putriku (Cucu keturunan Pangerang Diponegoro) menikah dengan salah satu putra dari kesultanan Bacan.
    Oleh sebab itu saya ingin infonya tentang itu, karena terus terang saya tidak tahu sama sekali tentang keluarga ayah yang berasal dari ternate. Kita belum pernah menginjakkan kaki ke P. Bacan (Ternate) sampai ayahku wafat.
    Terima kasih atas informasinya.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: