My Profil

Hallo, my name is ANTO, shortly from my complete name : BUSRANTO  DOA. I am from the Spice Island (Ternate).  I was born in Dufa-Dufa (Ternate Island) on May 31th 1969. Hometown; Jakarta – Ternate – Cilacap.  Now stay in Jakarta  – Indonesia.

33 Tanggapan

  1. bangga ada unsur darah kesultanan…😀

  2. Assalam Anto,

    Salam perkenalan. Saya warga Malaysia dari negeri melaka. Harap saudara senang berkomunikasi dengan saya.

    Terima kasih

  3. assamualaikum…. kawan
    to nanti kalu ngana perlu foto ternate dulu2 qt pny ada sadiki,qt jg sering2 upload di qt pe gmail tentang ternate,jd jang nga mara kalu nga pe foto yg laeng kase pamer lg di qt pe gmail,ok to…. sukur dofufu.

  4. makasih artikelnya, membantu banget

  5. assalamualaikum
    selamat malam pak.
    perkenalkan nama saya ardryan mahasiswa dari ekowisata IPB. pada kesempatan ini saya akan melakukan kegiatan PKL-Ta yang rencananya di Jailolo dengan mengambil tema Mengenai kesultanan Jailolo. bila bapak berkenan, kami mohon untuk sharing mengenai kawasan tersebut. karena saat ini saya masih kurang memiliki data-data yang lengkap.

  6. Assalamu’alaikum

    Mas, bolehkah saya meminta sedikit info tentang Tidore Kepulauan??? (tentang keadaan alam, transportasi, masyarakat, penerimaan masyarakat terhadap pendatang yang akan menetap, potensi daerah,keadaan ekonominya)

    Trima kasih atas infonya…

  7. I LOVE T E R N A T E

  8. dear mas anto

    jika berkenan, kami akan memeaki informasi blog ini sebagai direktori kekayaan budaya indonesia , pada web kami

    trims

    jeff

  9. ass….
    Abang Anto, saya dilan dari mahasiswa arsitektur FT-UMJ, sya dapet situs abang dr itd zuhri …
    skrg sya lg butuh banget referensi tentang keraton ternate …
    kira” abang bsa bantu tak…?

    makasih ya sebelumnya….:)

  10. Om aku link ke sini ya, bwt info yang lain ya…..

  11. Salam kenal dengan Bang Anto.
    Saya mau tanya nih. Bang Anto punya foto atau gambar pakaian adat perempuan Ternate? tapi pada masa tahun 1600-an? Karena saya mau bantu teman saya untuk tulisan di bukunya mengenai sejarah kaum perempuan Ternate.
    Terimakasih atas perhatian dari Bang Anto.

  12. Assalammualikum wr,wb ko terima kasih banyak atas ngone pe cerita ana bangga jadi orang Ternate…

  13. Ass. wr. wb.
    Torang jang sampe lupa tong pe daerah yaitu TERNATE. walaupun skarang so tinggal jau di BEKASI. Om Anto masih kanal kita trada? Bole minta informasi DESA SABIA kondisi skarang. Kita pekampung halaman!
    trima kasih…

  14. Kalau kita berbicara tentang asal usul dan jejak sejarah Ternate,maka kita tengok sebentar ke belakang ,, memang sejarah Ternate tidak dengan tulisan atau yang lainnya, tetapi sejarah Ternate melalui lisan, yang di dalamnya mempunyai keyakinan yang tinggi dan mempunyai keajaiban dan kegaiban yaitu ceritanya seperti berikut :

    pada abad XII Kie gapi Ternate di datangi oleh seorang asing dari jasira arabia yang bernama NOH JAFAR SADIK, kehadiran jafar sadik yang disebut sebagai ayah dari pendiri kerajaan kerajaan di maluku utara, di katakan dia datang di Ternate, ketika itu Ternate bernama GAPI ,,,

    ,,,,,,
    Ketika JAFAR SADIK masih di tanah arab, pada suatu hari ia dalam keadaan sedih dan bertafakur. tiba tiba datang seorang utusan TUHAN ,utusan itu berkata padanya, ” WAHAI NOH JAFAR SADIK PERGIHLAH KE ARAH TIMUR DI SANA ENGKAU AKAN MENDAPATKAN EMPAT ORANG TUA(MALUKU KIE RAHA)”lalu jafar sadik bangkit dari renungannya dan langsung berangkat …
    jafar sadik pun pergih dengan kuasa tuhan ia pergih tanpa menggunakan alat pelayar apapun, ia tiba-tiba saja keluar dari laut dan naik ke permukaan pantai GAPI, ketika itu semua pulau bersambungan menjadi satu semenajung bernama GAPI. lalu ia pun naik ke atas puncak kie Ternate dan mendakwakan agama ALLAH,,, sebagai mana yang di sebutkan bahwa,,DIALAH YANG AWAL MEMASUKAN AGAMA ISLAM DARI KOTA YANG BERCAHAYA MADINAH KE SUATU BUKIT YANG TERTINGGI YAITU QAF.
    ia terus berjalan memancarkan cahaya ILAHI,,
    pada waktu yang sama pada hari senin,tak sengaja ia pun melihat TUJUH PUTRI KAYANGAN SEDANG MANDI DI TEPIH KIE TERNATE, JAFAR SADIK lalu menyembunyikan selendang(sayap) dari salah satu tujuh putri kayangan itu,yang bernama tasuma (SITI NURSAFA MARWAH), tasuma pun menyukainya lalu mereka pun menikah ,dan mempunyai tiga orang anak lelaki(BUKA , DARAJAT ,SAHAJAT) “JAILOLO,TIDORE,BACAN”
    ,,
    PADA SUATU SAAT tasuma menemukan sayapnya , kemudian ia pun pergih ke asalnya kayangan
    (ALAM JIN) , serentak JAFAR SADIK kembali ke rumahnya lalu ia tak melihat istri dan selandang tersebut, ia pun kehilangan istrinya da termenum,, lalu datanglah sang burung DOPOLO ROMDIDI(burung berkepala dua), dengan kuasa ALLAH ia pun menyusul ke alam JIN dan mendapat berbagai macam ujian, lalu ia pun mendapatkan istrinya, dan mereka menetap di kayangan (alam jin). mereka pun di anugrahkan seorang anak lelaki yang bernama
    “CICO BUNGA alias BA’AB MANSUR MALAMO”.
    ,,
    pada usia beberapa kemudian mereka turun ke bumi, lalu sang anak lelaki itu di beri MAHKOTA oleh kakeknya(RAJA JIN), TAK LAIN YAITU SONGKO KAKEKNYA, CICO BUNGA sebelum turun dari kayangan ia maendapat pesan dari kakeknya “raja jin” , yang berbunyi “TARA LA NO ATE”. yang artinya turun lalu perbaiki. dan mengandung makna kumpulkan semua hambah TUHAN di tanah GAPI ,,,,,
    ,,,,,,,TO BE_COTINUED,,,,,,,,

  15. Tabea…qt snang skali bs lia qt pe tnah kelahiran. qt lhir d ternate selatan tpatnya d kayu merah. makasih K0..

  16. Mannntaaaplah jadi semua orang bisa tau kalo Tarnate Jang Foloi….di Jakarta perkumpulan orang Tarnate dimana ya?

  17. Emang sekarang udah alih profesi ya …? He….he…. tapi tulisannya boljug buat referensi sbg org Ternate, tapi nulisnya kapan tuh???? buat semua yg kunjungi blog ini aku alumni STM Neg Ternate 1992 n SD Islamiyah IV Ternate 1985, SMP PIM Manado 1988, kalu mo gabung hub 081-88-081-99, …..so lama tar pernah bakudapa deng tamang sekolah dari SD sampe STM, thanks ya Blognya, hi..hi…

  18. Thanks om ee…
    Om memang peduli sejarah Maluku Utara saya salut p om…
    by : Ello anak Ternate di blk RRI…

  19. Om,,, terimahkasih atas tulisannya…. pas buat referensiku, salam kenal..

  20. Salam kenal pak,
    Tukeran link dah
    :salam:

  21. Buat : Abdul Waris…..
    Saya di Ternate tinggal di Dufa-Dufa Pantai, lahir dan masa kecil di situ. Ayah saya seorang pensiunan guru, namanya Haji “Engku” Arsad Abdullatif. Mungkin tahu kali. Setelah lulus SMA tahun 1988 saya merantau, kuliah di Manado, dan skrg kerja di Ibukota sejak thn 1996 yang lalu. Jadi baru 13 tahun di Jkt.

  22. dufa2 tinggal di sebelah mana,dulu waktu sekolah sya tinggal di muka sma 4 ternate

  23. Keren banget bang……..blognya.

  24. HIKMU = Himpunan Keluarga Maluku Utara – Jakarta

  25. Boleh ga tahu perkumpulan warga Maluku Utara di Jakarta…?!

  26. Just test……!

  27. Mas Anto,
    Assalamualaikum,
    saya Vera, kebetulan kami menjalankan bisnis keluarga untuk catering dan paket pernikahan. Kalau boleh tahu, kami ingin sekali mengetahui tentang perkawinan dan makanan khas Ternate, bisakah di beritahu ke mana dan dengan siapa saya bisa berhubungan. Saya juga ingin sekali membeli Kue Angka dan Lentera, dimana bisa di dapat di Jakarta….?!
    No HP saya : 0815-8702-795.

  28. Assalamualaikum,…

    Salute untuk Pak Anto, banyak ilmu yang diperoleh.
    Bagi reka-rekan yang peduli pelestarian pusaka Ternate, ayo gabung dgn Ternate Heritage Society (THS).
    Buktikan kalo kita peduli!!!

    Suba Jou!!

    ternateheritage.multiply.com

  29. Keren mas lanjutin tulisanya…..
    kita tunggu om/ pe tulisan2 sapa tau berguna untuk orang-orang yang diperantauan ini kaya saya…………

  30. Thanks atas info yang diberikan dalam Blog ini untuk kami putra Ternate di perantauan yang sama sekali tidak mengetahui secara detail tradisi budaya kita di sana, semoga infonya juga bermanfaat bagi pengunjung yang lain….

  31. Salam kenal.. ge blogwalking
    mantap ey…

  32. Keren kali…. Om
    Trus nulis ya….
    Bangga gue jd keponakanmu…
    he..he…
    Dari Ia di Semarang

  33. Mantap dah… pokonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: