Sejarah : Ake Santosa (Air Sentosa) di Ternate

~ RIWAYAT SEBUAH MATA AIR YANG DIBUAT SEBAGAI PERTANDA JANJI DAN SUMPAH (BOBETO) ANTARA RAJA BONE KAICIL TALI SOMBA DENGAN SULTAN MANDARSYAH ~

Penulis : Busranto Latif Doa
(Pemerhati Sejarah, budaya dan Tradisi Ternate)

Satu per satu sejarah Ternate mulai terungkap. Salah satu yang saya ungkap saat ini adalah tentang sejarah “Ake Santosa” atau air santosa, sebuah mata air yang berlokasi di depan kedaton kesultanan Ternate saat ini. Banyak cerita mitos seputar asal-usul terjadinya atau munculnya air santosa ini, banyak versi yang berkembang di masyarakat Ternate, namun saya mencoba mengungkapkan salah satu sumber lokal yang mungkin belum banyak orang tahu, yakni bersumber dari “Hikayat Ternate” yang ditulis oleh NAIDAH, salah satu Jo-Hukum Soa Sio kesultanan Ternate yang menjabat dari tahun 1859-1864. Hikayat ternate ini sudah mendunia bahkan arsipnya juga ada hingga di beberapa perpustakan Eropa.

Terkait dengan sejarah ake santosa, saya mengutip sepotong bait dari hikayat Ternate tersebut yang mana menceriterakan tentang sebab musabab dan proses pembuatan dan penggalian “ake santosa” yang merupakan perwujudan dan perlambang dari sebuah perjanjian dan sumpah (bobeto) antara Ternate dan Bone untuk bersahabat layaknya akak dan adik dan tidak boleh bermusuhan hingga hari kiamat. Sebagai generasi muda Ternate dan juga kerajaan Bone mesti tahu sejarah ini. Berikut bait hikayat Ternate menurut catatan Naidah :

“… Madero se jou Kapita Lao Ali tagi cako Goa, ukado isah ugasa isah ana Mangkasar, sitede se Jou kolano Mandarsyah simara sidowa ana toma Walanda sijaga ngolo-ngolo kota matiti. Pasah toma enage simara kolano Bone kaicil Tali Somba se mafofoheka Daeng Malia ikado toma kie Ternate, lahi bersahabat dokasa iyo se nogoru se Jou kolano Mandarsyah dokasa sosira Jou kolano Baabullah imaku mangaku. Simara uhaka imamanusia fai ake gandarusa serta haka maronga Ake Santosa, mabuku iye maronga buku kai maija, sarta iber-wahad Bone se Ternate imangaku maku gulaha irah aku uwa sakali-kali sigado kiamat. Coba ake Santosa sema kore se bao se moku-moku ge sikara Bone se Ternate fomakudutu, serta se masasi se bobeto rai pasa maruwa sigado mari nganena …”

Artinya :

Ketika tuan Kapita Laut Ali pergi pukul (taklukkan) Goa, pulang ke sini membawa serta orang2 Makassar lalu dihadapkan kepada tuan raja Mandarsyah, lalu diserahkan ke Belanda dan ditugaskan untuk enjaga keamanan laut dan perairan di depan kota Ternate. Kemudian dari pada itu, raja Bone Kaicil Tali Somba yang istrinya nama Daeng Malia tiba di negeri Ternate dan meminta bersahabat sebagaimana kaka dengan adik kepada tuan raja Mandarsyah sebagaimana kesepakatan dan pengakuan tuan raja Babullah dahulu. Sehingga ia (raja Bone) bersedia menyerahkan orang-orangnya untuk menggali air Gandarusa, lalu diberi nama “air santosa” yang di atasnya terdapat sebuah bukit yang bernama “bukit mas kawin”, serta berjanji Bone dengan Ternate tidak boleh bermusuhan satu sama lain sampai hari kiamat. Jika air santosa ada angin, ombak dan arus gelombang, barulah Ternate dan Bone boleh berperang, serta janji dan sumpah yang agung ini di belakang hari tidak boleh berperang hingga hari ini.

Dari referensi yang ditulis Naidah di atas, bila kita melihat masa bertakhtanya sultan Mandarsyah di Ternate, maka dapat disimpulkan bahwa “Air Santosa” yang berlokasi di depan kedaton sultan Ternate baru dibuat dan atau digali adalah terjadi pada pertengahan abad ke-17 (tahun 1600-an), karena Sultan Mandarsyah berkuasa selama dua periode (1648-1650 dan 1655-1675), selang waktu antara tahun 1650-1655 ada sultan Manila (Aminullah), namun tidak diakui sebagai sultan oleh pihak Bobato dantidak tercatat dalam daftar nama-nama sultan versi kedaton Ternate. Bila apa yang ditulis oleh Jo-Hukum Soa Sio Naidah ini adalah versi yang benar adanya, maka kesimpulannya; Ake Santosa yang kita kenal sekarang baru ada pada masa sultan Ternate ke-29 (Mandarsyah), dan versi-versi yang lain terbantahkan.
#Semoga bermanfaat…!!

Satu Tanggapan

  1. asskum….saya mau tanya apakah selain d ternate apa air sentosa ada d daerah lain?bls d emailku…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: